Tafsir Pesantren: Menakar Unsur Lokalitas Tafsir Jāmi' al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur'ān Karya Muḥammad b. Sulaymān (1911-1991)

Authors

  • Abu Sufyan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/mutawatir.2020.10.2.342-364

Keywords:

tradisionalis, lokalitas, tafsir jāmi' al-bayān, pesantren

Abstract

Abstract: This article aims to reveal the locality of the brief Qur’anic exegesis of Muḥammad b. Sulaymān’s Jāmi‘ al-Bayān. By using content analysis, this study argues the existing of intersections between the Qur’anic interpretation and pesantren tradition. Several studies maintained that to build this harmonization, the traditional exegetes are used to transmit their interpretations in the form of Arabic “pegon” with the typical identity of “makna ghandul”. This article conversely argues that the Arabic language used in the interpretation of Jāmi‘ al-Bayān, which is written by a traditional and local ulama (kiai), could also be an alternative in the study of the Qur’an in the local context of pesantren. This article also maintains that although Muḥammad b. Sulaymān’s Jāmi‘ al-Bayān does not represent ideally the identity and tradition of pesantren in Java, his exegesis affirms the traditional pesantren values in two ways, namely teaching Arabic which is the pesantren curriculum and the affirmation of the Ahl al-Sunnah wa al-Jamā‘ah faith in responding to the excessive ta’wīl.

Keywords: traditionalist, locality, tafsir Jāmi‘ al-Bayān, pesantren.

 

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengungkap unsur lokalitas dalam tafsir ringkas Jāmi‘ al-Bayān karya Muḥammad b. Sulaymān. Dengan menggunakan analisis konten, kajian ini menunjukkan adanya persinggungan antara tafsir al-Qur’an dan tradisi pesantren. Meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa untuk membangun harmonisasi tersebut, para mufasir tradisional mentransmisikan penafsirannya dengan menggunakan huruf pegon dan makna ghandul sehingga melekat pada tradisi pengkajian al-Qur’an di pesantren. Sebaliknya, artikel ini berasumsi bahwa tafsir Jāmi‘ al-Bayān yang berbahasa Arab, yang ditulis oleh kiai lokal tradisional, bisa menjadi alternatif dalam pengkajian al-Qur’an khususnya di pesantren. Lebih jauh artikel ini menyimpulkan bahwa walaupun tafsir Jāmi‘ al-Bayān tidak merepresentasikan identitas dan tradisi pesantren di Jawa, di tengah kuatnya karya tafsir berbahasa lokal, tetapi tafsir ini meneguhkan nilai-nilai tradisi pesantren dalam dua hal, yaitu pengajaran bahasa Arab yang menjadi kurikulum pesantren dan peneguhan akidah Ahl al-Sunnah wa al-jama‘ah dalam merespon fenomena ta’wil yang berlebihan.

Kata kunci: tradisionalis, lokalitas, tafsir Jāmi‘ al-Bayān, pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma’arif. “Studi atas Tafsir Jāmi‘ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān Karya Muḥammad b. Sulaymān bin Zakariya al-Solowi.” Nun, Vol. 2, No. 1, (2016).

Arifin, Moch. “Telaah Awal atas Tafsir Jāmi‘ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān Karya KH. Muḥammad b. Sulaymān (1329-1412 H/1911-1991 M).” Al-Itqān, Vol. 2, No. 2, (Agustus-Desember 2016).

Asif, Muhammad. “Tafsir dan Tradisi Pesantren: Karakteristik Tafsir al-Ibrīz Karya Bisri Mustofa.” Suhuf, Vol. 9, No. 2, (Desember 2016).

‘Atīq, ‘Abd al-‘Azīz. ‘Ilm al-Ma‘ānī. Beirut: Dār al-Nahḍah al-‘Arabīyah, 2009.

Baghawī (al), Abū Muḥammad al-Ḥusayn b. Mas‘ūd. Tafsīr al-Baghawī “Ma‘ālim al-Tanzīl”. Riyāḍ: Dār Ṭayyibah, 1409 H.

Bayḍāwī (al), Nāṣir al-Dīn Abī al-Khayr ‘Abdullāh b. ‘Umar b. Muḥammad al-Shayrāzī al-Shāfi‘ī. Anwār al-Tanzīl wa Asrār al-Ta’wīl. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāth al-‘Arabī, t.th.

Bruinessen, Martin van. “Global and Local in Indonesian Islam” Shoutheast Asian Studies, Vol. 37, No. 2, (September 1999).

_______. Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat. Yogyakarta: Gading Publishing, 2015.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup kiai dan Visinya mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2019.

Dikron, Muhammad dan Saepudin, Dindin Moh. “Simplifitas Tafsir Jāmi‘ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān Karya KH. Muḥammad b. Sulaymān.” Al-Bayan: Studi Al-Qur’an dan Tafsir, Vol. 4, No.1, (Juni 2019).

Dimyathi, Muhammad Afifuddin. Jam‘ al-‘Abīr fī Kutub al-Tafsīr. Malang: Lisan Arabi, 2019.

Gusmian, Islah. “Tafsir Al-Qur’an di Indonesia: Sejarah dan Dinamika.” Nun, Vol. 1, No. 1, (2015).

Hodgson, Marshall G.S. Rethinking World History: Essays on Europe, Islam, and World History. Cambridge: Cambridge University Press, 1993.

Husnan, Muhammad. “Dialektika Tafsir Jāmi‘ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān (Telaah Gaya Bahasa Ījāz terhadap Pemahaman Tafsir).” Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.

Iyyāzī, Muh}ammad ‘Alī. Al-Mufasirūn: H}ayātuhum wa Manhajuhum. Teheran: Wizārah al-Thaqāfah wa al-Irshād al-Islāmī, 1386 H.

Johns, A.H. “Islam in Southeast Asia: Reflection and New Directions.” Indonesia, CMIP, No. 19, (1975)

Kailani, Najib dan Sunarwoto. “Televangelisme Islam dalam Lanskap Otoritas Keagamaan Baru,” dalam Ulama dan Negara Bangsa. diedit oleh Noorhaidi Hasan. Yogyakarta: PusPIDep, 2019.

Mughrāwī (al), Muhammad bin ‘Abd al-Raḥmān. Al-Mufasirūn bayn al-Ta’wīl wa al-Ithbāt fī Āyāt al-Ṣifāt. Beirut: Muassasah al-Risālah, t.th.

Muḥammad b. Sulaymān. Jāmi‘ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān. Grobogan: Pustaka Pondok Pesantren Sirajuth Thalibin, t.th.

Nawawī, Muhammad. Marāḥ Labīd li Kashf Ma’nā Qur’ān Majīd. t.tp: al-Maṭba’at al-‘Uthmānīyat, 1305 H.

Rūmī (al), Fahd b. ‘Abd al-Rah}mān b. Sulaymān. Ittijāhāt al-Tafsīr fī al-Qarn al-Rābi’ ‘Ashar. Beirut: Mu’assasah al-Risālah, 1997.

Roy, Oliver. “Fundamentalism, Traditionalism, and Islam” Telos (1985).

Sirry, Mun’im. “The Public Expression of Traditional Islam: the Pesantren and Civil Society in Post-Suharto Indonesia.” The Muslim World, Vol. 100, (Januari 2010).

_______. “What’s Modern about Modern Tafsīr? A Closer Look at Hamka’s Tafsīr al-Azhar,” dalam The Qur’ān in The Malay-Indonesian World, diedit oleh Majid Danesgar. California: Routledge Studies in The Quran, 2017.

Supriyanto. “Kajian al-Qur’an dalam Tradisi Pesantren: Telaah atas Tafsir al-Iklīl fī Ma’ānī al-Tanzīl.” Tsaqafah, Vol. 12, No. 2, (November 2016).

Watt, William Montgomery. Free Will and Predestination in Early Islam. London: Luzac, 1948.

Zamakhsharī (al), Abū al-Qāsim Mah}mūd b. ‘Umar. al-Kashshāf ‘an Haqā’iq Ghawāmid al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwīl fī Wujūh al-Ta’wīl. Riyad: Maktabah al-‘Abīkān, 1998.

Zaman, Muhammad Qasim. “The Ulama and Contestations on Religious Authority,” dalam Islam and Modernity: Key Issues and Debates, diedit oleh Muhammad Khalid Masud, Armando Salvatore, dan Martin van Bruinessen. Edinburg: Edinburg University Press, 2009.

Fatmah, KH. Muh}ammad b. Sulayma>n (Ulama Ahli Tafsir dari Solo) dalam http://www.thohiriyyah.com/kh-muhammad-bin-sulaiman-ulama-ahli-tafsir-dari-solo/. Diakses tanggal 2 Maret 2018.

Mundzir, Ahmad. “Pesantren Sirojuth Tholibin Kaji Tafsir Nusantara Tiap Ramadhan” http://sirojuth-tholibin.net/2015/06/23/pesantren-sirojuth-tholibin-kaji-tafsirnusantara-tiap-ramadhan/. Diakses pada 14 Mei 2016.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Sufyan, A. (2020). Tafsir Pesantren: Menakar Unsur Lokalitas Tafsir Jāmi’ al-Bayān min Khulāṣat Suwar al-Qur’ān Karya Muḥammad b. Sulaymān (1911-1991). Mutawatir : Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith, 10(2), 342–364. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2020.10.2.342-364

Issue

Section

Articles