Implementasi dan Implikasi Peraturan Daerah Kabupaten Sampang Nomor 7 Tahun 2019 tentang Madrasah Diniyah Takmiliyah
Main Article Content
Abstract
This study refers to qualitative research methods, the data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, and verification and drawing conclusions. This research resulted in: (1) Implementation of this regional regulation in the form of: (a) Provision of Assistance for Organizing Diniyah Education and Private Teachers (BPPDGS); (b) Madrasah diniyah stakeholder synergy; and (c) Community Involvement in Strategic Policy Formulation; (2) This regional regulation has implications for madrasah diniyah in the form of: (a) institutional strengthening; (b) improving the quality of learning processes and outcomes; and (c) to become an instrument for realizing the vision and mission of the Sampang government "Sampang Hebat Bermartabat".
Penelitian tentang implementasi dan implikasi perda Kabupaten Sampang No 7 tahun 2019 tentang Madrasah Diniyah Takmiliyah mengacu pada metode penelitian kualitatif, analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan: (1) Implementasi kebijakan perda ini dalam bentuk: (a) Pemberian Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta (BPPDGS); (b) Sinergi stake holders madrasah diniyah; dan (c) Keterlibatan Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan Strategis; (2) Perda ini berimplikasi terhadap madrasah diniyah dalam bentuk: (a) penguatan institusi; (b) peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran; dan (c) menjadi instrumen perwujudan visi misi pemerintah Kabupaten Sampang “Sampang Hebat Bermartabat”
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abbot, J. (1996). Community Participation In Urban Management. Earthscan Publication.
Adib, N. (2019). Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Tahun 2011-2015. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(1), 23–45. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i1.980
Agama, K. K. (2021). Penerima BPPDGS Kabupaten Sampang Tahun 2020. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang.
Agama, K. K. (2022). Penerima BPPDGS Kabupaten Sampang Tahun 2021. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang.
Agama, K. K. (2023). Penerima BPPDGS Kabupaten Sampang Tahun 2022. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sampang.
Al-Ghazali, M. (1988). Al-Tibr al-Masbuk fi Nashihat al-Muluk. Dar al-Kotob al-Ilmiyah.
Al-Ghazali, M. (2003). Al-Iqtishad fi al-I’tiqad. Dar Kotaiba.
Al-Ghazali, M. (2012). Ihya’ Ulum al-Din. Dar al-Kotob al-Ilmiyah.
Ali, F., & Alam, A. S. (2012). Studi Kebijakan Pemerintah. Refika Aditama.
Aziz, A., & Arnold, D. D. (2003). Desentralisasi Pemerintahan: Pengalaman negara-Negara Asia. Pondok Edukasi.
Azra, A. (2014). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kencana Prenadamedia Group.
Budiardjo, M. (1981). Partisipasi dan Partai Politik. PT. Gramedia.
Danim, S. (2008). Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi Ke Lembaga Akademik. Bumi Aksara.
Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2006). Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta. PT. Rineka Cipta.
Duhou, A. I. (2002). School Based Management. Logos Wacana Ilmu.
Emzir, C. M. S. (2010). Isu-isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Ghalia Indoneisa.
Fauzi, A., & Nikmatullah, C. (2016). PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH DI KOTA SERANG IMPLEMENTATION OF ISLAMIC EDUCATION IN SERANG CITY. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 157–178.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. JURNAL PENDIDIKAN PROFESI GURU INDONESIA (JPPGI), 1(1), 28–42. https://doi.org/10.30598/jppgivol1issue1page28-42
Giroux, H. (1997). Pedagogy and The Politics of Hope. Westview Press.
Griadhi, N. M. A. Y., & Utari, A. A. S. (2008). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DAERAH. Kertha Patrika, 33(1), 1–5.
Hadjon, P. M. (1987). Perlindungan Hukum Bagi Rakyat di Indonesia. PT. Bina Ilmu.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara.
Hanafiah, Y. (2020). Madrassah Diniyah: Antara Realitas, Political Will, dan Political Action. Al-Fahim, II(1), 35–61.
Hariyani, S. (2017). PENTINGNYA PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN. BAPPEDA KABUPATEN TEMANGGUNG. https://bappeda.temanggungkab.go.id/artikel/pentingnya-partisipasi-masyarakat--dalam--perencanaan-pembangunan-
Haryati, H., & Rochman, R. (2012). Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah CIVIS, 2(2).
Indrati, M. F. (2007). Ilmu Perundang-undangan. Kanisius.
Ismail, I. (2017). Politik Pendidikan Islam di Daerah: Analisis Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Pengembangan Madrasah Diniyah [Disertasi]. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Ismail, I. (2018a). Madrasah Diniyah Dalam Multi Perspektif. KABILAH : Journal of Social Community, 2(2), 254–282. https://doi.org/10.35127/kbl.v2i2.3137
Ismail, I. (2018b). Madrasah Diniyah Dalam Multi Perspektif. KABILAH : Journal of Social Community, 2(2), 254–282. https://doi.org/10.35127/kbl.v2i2.3137
Ismail, I., & Fahruddin, A. H. (2021). THE IMPLEMENTATION OF EAST JAVA PROVINCIAL GOVERNMENT POLICY IN THE DEVELOPMENT OF MADRASAH DINIYAH. Jurnal Review Politik, 11(02), 34.
Ismail, I., & Wardi, M. (2019). The Elite Deliberative Democratic Model in The Public Policy Formulation for Madrasah Diniyyah (Islamic Non Formal School) Development in East Java, Indonesia. Nadwa, 1(1), 31. https://doi.org/10.21580/nw.2019.1.1.2331
Junaidi, S. (n.d.). Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Anak Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Se Kabupaten Sampang. https://www.youtube.com/watch?v=9eSpoS79EOY
Karim, M. R. (1985). Dinamika Islam di Indonesia: Suatu Tinjauan Sosial dan Politik. Hanindita.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management): Guru Profesional Yang Inspitatif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Alfabeta.
Kusaeri, K. (2014). Acuan dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Kuswandi, I., Wajdi, M. B. N., Faruq, U. A., Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). RESPON KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PERATURAN BUPATI TENTANG WAJIB MADRASAH DINIYAH. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14.
Levacic, R. (1995). Local Management of School Analysis and Practice. Open University Press.
Masyhudunnury, M. (2021). Madrasah Diniyah: Kearifan Lokal dalam Pendidikan Keagamaan di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Biokultural, 10(1), 67–81.
Muhlasin, M. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Akademika, 15(1).
Normina, N. (2016). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN. ITTIHAD, 14(26). https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i26.874
Nurkholis, N. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Grasindo.
Sakdiah, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Dan Penilaian Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Di SD Binaan Kota Lhokseumawe Tahun 2019. Jurnal Serambi PTK, 6(3).
Perdakab Sampang 2/2019, Pub. L. No. 2/2019, Perdakab Sampang Perdakab Sampang (2019).
Sarnoto, A. Z. (2013). Madrasah Diniyah: Studi Kebijakan Wajib Belajar di Purwakarta. Statement, 3(1), 122–131.
Sirozi, M. (2010). Politik Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Soemantri, S. (1992). Bunga Rampai Hukum Tata Negara Indonesia. Alumni.
Sumarto, H. Sj. (2003). Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Yayasan Obor Indonesia.
Suseno, F. M. (1987). Etika Politik Prinsipprinsip Moral dasar Kenegaraan Modern. PT. Gramedia.
Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Syahr, Z. H. A. (2016). Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan elit Muslim Bagi Masyarakat. Intizar, 22(2).
Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional Dalam Pusaran Kekuasaan. Rineka Cipta.
Tilaar, H. A. R., & Nugroho, R. (2012). Kebijakan Penidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.
Utomo, C. B. (2018). Manajemen Pembelajaran. Unnes Press.
Utomo, S. D. (2003). Partisipasi Masyarakat dalam Pembuatan Kebijakan. In Otonomi Daerah: Evaluasi dan Proyeksi. Divisi Kajian Demokrasi Yayasan Harkat Bangsa.
Wiratno, B. (2016). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 28–34.
Wohlsetter, P., & Mohrman, S. A. (1994). School-Based Management; Organizing for High Performance. JosseyBass Publishers.